Saman Dance by Labschool Unsyiah students

Posted on

25 Desember 2009…

Hari jumat itu sebenarnya sekolah sedang libur, tapi kami (siswa siswi kelas XII IPA 2) harus pergi ke sekolah karena kami akan menampilkan tarian saman (untuk yang cewek) dan rapa’i geleng (untuk yang cowok). Penampilan kami ini sebenarnya cuma untuk pengambilan nilai ujian semester pelajaran seni budaya. Tapi kami dituntut untuk tampil seperti tampil pada sebuah acara, jadi kami harus berpakaian tari dan ber make-up. Kami berkumpul di aula sekolah pada jam 8 pagi dan mulai ber make-up pada jam 8.30 hingga jam 10.30 (hmmm… lama juga ya….hehehehe).

Setelah selesai ber make-up dan pakai baju nari, kami (17 cewek kelas XII IPA 2) bersiap-siap untuk tampil dan ambil nilai. Hmmmm… rasa deg-degan mulai merasuki tubuh kami, tapi dengan mengucapkan bismillah kami memulai tari saman.

Alhamdulillah, kami tampil dengan bagus walaupun masih ada kekurangan disana sini. Tapi kami sangat senang dan puas dengan penampilan kami. Setelah tampilan tari saman selesai, barulah tim rapa’i XII IPA 2 beraksi. Alhamdulillah, mereka juga tampil dengan semangat dan bagus.

Tapi saya ingin menjelaskan sedikit tentang tari saman dan darimana tari saman itu berasal. Tari saman merupakan sebuah tarian yang berasal dari suku gayo, dan tarian ini biasanya ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair lagunya menggunakan bahasa arab dan bahasa gayo.

Tari Saman biasanya ditampilkan tidak menggunakan iringan alat musik, akan tetapi menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan mereka yang biasanya dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal paha mereka sebagai sinkronisasi dan menghempaskan badan ke berbagai arah. Tarian ini dipandu oleh seorang pemimpin yang lazimnya disebut Syech. Karena keseragaman formasi dan ketepatan waktu adalah suatu keharusan dalam menampilkan tarian ini, maka para penari dituntut untuk memiliki konsentrasi yang tinggi dan latihan yang serius agar dapat tampil dengan sempurna.

Ini adalah beberapa foto pada saat nari saman.

para penari saman

para penari saman

2 respons untuk ‘Saman Dance by Labschool Unsyiah students

    eichii said:
    Maret 29, 2010 pukul 11:33 am

    mantaaappp, tapi masa ga ad foto close up aku jack??
    hehehe

      nikimuza said:
      April 1, 2010 pukul 4:50 pm

      tq…
      🙂

      hahaha

      gag muat cii…
      pnuh blog ak ntar…
      isinya fto qe smua…
      wkwkwkwk

Tinggalkan komentar