Menulis sebagai Media Katarsis

Posted on

Ini adalah tulisan pertama saya di tahun 2015. Ternyata sudah hampir enam tahun saya memiliki blog ini namun sering tidak produktif dikarenakan banyak faktor. Semenjak menginjak bangku perkuliahan saya sangat jarang untuk membuka blog kembali, padahal sebenarnya menulis di blog merupakan salah satu media katarsis yang ampuh.

Sebenarnya apasih yang dimaksud dengan katarsis itu? Bagi anak pskologi mungkin akan lebih gampang memahami arti dari kata ini, namun saya akan sedikit menjelaskan apa itu katarsis. Katarsis berasal dari bahasa Yunani yang artinya merupakan upaya pembersihan dan penyucian diri serta pelepasan diri dari ketegangan. Namun secara lebih ringkas, katarsis dapat dikatakan sebagai salah satu upaya seseorang dalam mengurangi beban mental yang dirasakan dengan mengungkapkan semuanya. Salah satu cara untuk mengungkapkannya adalah dengan menulis.

Ketika kita menulis maka kita secara sadar ataupun tidak sadar sedang menumpahkan segala ekspresi dan emosi yang ada di dalam diri. Ada kalanya kita sulit untuk menceritakan apa yang sebenarnya kita rasakan kepada orang lain, oleh karena itu cobalah untuk menceritakannya dengan menulis. Walau tidak menyelesaikan masalah dengan sempurna, tapi yakinlah dengan menulis akan memberikan kelegaan dan ketenangan.

Mari dicoba, semoga bermanfaat.

^^NIKIMUZA^^

Tinggalkan komentar